Blue Fire Kawah Ijen, Bukan Api Birunya Kompor Gas Ya

shares


Blue Fire Kawah Ijen, Bukan Api Birunya Kompor Gas Ya

Kawah Ijen adalah salah satu gunung berapi aktif di wilayah timur Jawa. tujuan wisata minat khusus ini agak menarik, selain tempat yang sangat ekstrim tetapi perjalanan ke kawah bukanlah perjalanan yang mudah

Tapi apa pun api biru atau kawah lava biru akan selalu menjadi magnet yang tidak akan pernah berhenti menarik wisatawan untuk menikmati keindahannya. Selain itu, kawah api biru ijen merupakan fenomena yang sangat langka dan hanya sedikit di dunia.

Lokasi kawah dari kawah ijen itu sendiri terletak di antara perbatasan 2 kabupaten, yaitu kabupaten bondowoso dan banyuwangi. Ada beberapa jalur jika ingin menuju ke kawah ijen, yaitu melalui track situbondo dan jalur melalui banyuwangi, Jika posisimu dalam keadaan Missqueen, maka rute menuju kawah ijen dari kota miskin adalah melalui situbondo.

Jalur utara melalui kota situbondo, hanya menuju ke arah Sempol (Bondowoso) melewati Wonosari kemudian perjalanan diteruskan ke Paltuding. Jarak antara Situbondo ke Paltuding sekitar 93 km dan dengan kondisi jalan mulus, perjalanan bisa ditempuh kurang lebih 2-3 jam.

Rute selatan melalui kota Banyuwangi hanya mengambil jurusan ke daerah Licin yang berjarak sekitar 15 km, Dari Licin langsung ke Paltuding yang berjarak sekitar 18 km. Perjalanan dapat dilanjutkan menggunakan mobil atau kendaraan dengan gandar ganda.

Perjalanan dari arah banyuwangi memiliki jalur yang buruk dan berlubang bak kena meteor karena dilewati truk penerangangkut belerang setiap hari. tetapi perjalanan yang relatif singkat hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam saja.

Setelah perjalanan yang melelahkan, para pemburu kawah api biru masih akan menghadapi pendakian dari gerbang utama kurang lebih selama 2 jam pendakian. Namun santai saja perjalanan yang lelah akan dibayar dengan sekelompok pencari atau penambang belerang yang selalu ramah menyapa pendaki

Sesekali cobalah untuk menyapa atau sekedar bertanya tentang kawah api biru ijen. Dengan senang hati para penambang akan menjelaskan tentang beberapa fenomena di kawah ijen. Termasuk sejarah di mana pernah terjadi ledakan gas beracun kawah ijen yang pernah mengambil kehidupan beberapa penambang belerang tradisional.

Fenomena kawah api biru ijen adalah fenomena langka yang terjadi di gunung berapi aktif. Itulah yang menyebabkan hingga kini banyak photogrefer profesional yang berbondong-bondong ke kawah ijen ghanya untuk mengabadikan kawah api biru ijen.

Secara umum, gunung berapi akan mengeluarkan lava merah, tetapi tidak seperti kawah ijen yang memancarkan lava biru, hal ini disebabkan oleh tekanan gas sulfur yang sangat tinggi, sehingga ketika gas sulfur bertekanan tinggi terkena lava dan membakar oksigen maka warna api akan didominasi oleh warna biru yang memiliki suhu lebih dari 600 derajat celcius.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment