Mudik Harus Asik, Ini Nih Rekomendasi 11 Tempat yang Instagramable di Semarang

shares

11 Tempat yang Instagramable di Semarang

Tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini orang tidak bisa lepas dari Instagram. Warganet paling senang berbagi foto atau video pendek tentang perjalanan mereka. Berlomba untuk mendapatkan view dan like sebanyak mungkin. 

Namun untuk mendapatkan ratusan bahkan ribuan like di Instagram tak hanya dari lokasi yang instagramable saja, namun dari seni pengambilan gambar dan sudutnya juga. Bagi travelers yang akan melakukan perjalanan menuju Semarang dan sekitarnya, bisa mengunjungi tempat-tempat yang Instagramable di Semarang berikut.


1. Brown Canyon Semarang


Di Indonesia, Brown Canyon itu adalah sebuah bekas penambangan tanah di Meteseh, Tembalang, Semarang. Lokasi ini menjadi salah satu lokasi wisata yang populer di Semarang dan dianggap mirip dengan Grand Canyon di Amerika Serikat. 

2. Kebun Teh Medini

Berada di utara Gunung Ungaran, terletak di ketinggian 2050 meter di atas permukaan laut, Kebun Teh Medini tepatnya di Desa Ngesrepbalong, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Kebun teh dengan luas sekitar 386,82 hektar dan sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, tepatnya tahun 1901.

Udara yang sejuk cenderung dingin menjadi pelarian bari warga semarang yang bosan dengan panasnya Semarang. View yang indah dan instagramable juga menjadi daya tarik utamanya. 

3. Benteng Pendhem atau Benteng Williem I 

Berada di Ambarawa, Benteng WIllem I atau lebih dikenal dengan Benteng Pendem, menyimpan sejuta cerita mistis dibalik ke eksotisannya. Tapi tidak kalah cantik untuk dipajang di IG travelers. 

4. Lawang Sewu

Siapa yang tak kenal Lawang Sewu. Berbagai acara televisi di Tanah Air sudah sering meliputnya. Keindahanya bak tiada dua. Jendela berukuran raksasa yang lebih mirip pintu membuatnya unik dan sangat cocok jika di upload ke instagram. 


Lawang Sewu adalah gedung tua bersejarah di Indonesia yang berlokasi di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gedung ini, dulunya dipakai sebagai kantor dari Nederlands-Indische Spoorweg Maatschappij atau NIS. Dibangun pada tahun 1904 dan selesai pada tahun 1907. Terletak di bundaran Tugu Muda.

5. Klenteng Sam Po Kong

Jika Travelers pernah mendengar Laksamana Cheng Ho, maka ini adalah salah satu tempat persinggahan beliau. Dulunya, kelenteng ini adalah adalah sebuah Goa Batu yang dipercaya sebagai tempat awal mendarat dan markas Laksamana Cheng Ho beserta anak buahnya ketika mengunjungi Pulau Jawa di tahun 1400-an. Goa Aslinya tertutup longsor pada tahun 1700-an, kemudian dibangun kembali oleh penduduk setempat sebagai penghormatan kepada Cheng Ho.

6. Kawasan Kota Lama 

Gak berlebihan kiranya kalau Kota Lama Semarang dapat julukan Kota 1000 posting Instagram. Berbagai sudut Kota Lama Semarang bisa kamu eksplorasi untuk pengambilan gambar. Postingan mengenai kota lama pun ngga akan pernah habis. Kecantikan masa lalu yang dipadu dengan teknik fotografi yang mumpuni akan menjadikannya tempat paling instagramable di semarang.

7. Taman Maerokoco

Puri Maerokoco atau sering disebut Taman Mini Jawa Tengah Indah adalah sebuah objek wisata yang berada di Jalan Yos Sudarso Semarang kurang lebih 5 Km dari Tugu Muda, adalah salah satu bagian taman dari kawasan PRPP (Pusat Rekreasi dan Promosi Pembangunan) Jawa Tengah. Sebagai taman mini Jawa Tengah yang merangkum semua rumah ada yang disebut dengan anjungan dari 35 kabupaten dan kota yang ada di Jawa Tengah. Di dalam rumah-rumah tersebut digelar hasil–hasil industri dan kerajinan yang diproduksi oleh masing–masing daerah. Selain menampilkan rumah– rumah adat, objek wisata ini dilengkapi dengan fasilitas rekreasi air seperti, sepeda air, perahu, juga kereta bagi pengunjung. Dibuka untuk umum dari jam 08.00 sampai 18.00. Dapat dijangkau dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

8. Pantai Cipta

Lokasi pantai ini memang bersandingan dengan Pantai Baruna, namun pintu masuk ke pantai ini berada di jalur yang berbeda. Travelers bisa masuk ke Pantai Cipta dengan melewati terminal peti kemas di dekat pelabuhan Tanjung Mas. 

Yang menarik dari pantai ini selain bisa melihat pemandangan kapal peti kemas berlalu lalang, wisatawan yang berkunjung menjelang magrib juga akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang menawan. Maka buat penghobi fotografi saangat cocok untuk berkunjung ke Pantai Cipta

9. Wisata Gumuk Reco, Sepakung

Travelers dapat menikmati indahnya pemandangan lereng Gunung Telomoyo. Atau, travelers dapat mencoba wahana “ayunan langit” Gumuk Reco. Selain ayunan langit, wisatawan dapat melakukan swafoto dengan spot foto menarik yang sudah disediakan oleh pengelola tempat wisata Gumuk Reco.

10. Masjid Agung Jawa Tengah

Terletak di Kota Semarang, Masjid Agung Jawa Tengah mulai dibangun pada tahun 2001 dan selesai pada 2006. Masjid ini berdiri di atas lahan 10 hektare. Masjid Agung diresmikan oleh Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 14 November 2006. Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) merupakan masjid provinsi bagi provinsi Jawa Tengah. 

Masjid Agung Jawa Tengah dibangun dalam gaya arsitektural campuran Jawa, Islam dan Romawi. Pilar-pilar bergaya koloseum Athena di Romawi dihiasi kaligrafi kaligrafi yang indah, menyimbolkan 25 Nabi dan Rosul, di gerbang ditulis dua kalimat syahadat, pada bidang datar tertulis huruf Arab Melayu “Sucining Guno Gapuraning Gusti“.

11. Rawa Pening

Kata “pening” pada dasarnya berasal dari kata “bening”, karena memang danau ini memiliki air yang sangat jernih.
Saking luasnya, danau rawa pening meliputi 4 kecamatan, yaitu: Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Banyubiru yang berada di cekungan terendah lereng Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Ungaran.

Jadi, ngga perlu pusing kan kalau mudik ke Semarang, Travelers bisa pamer keindahan Semarang lewat Instagram kalian. 

Related Posts