Bosan Pergi Liburan Naik Kereta Kelas Ekonomi Terus? Ini 4 Pilihan Kelas Lainnya

shares

Bosan Pergi Liburan Naik Kereta Kelas Ekonomi Terus? Ini 4 Pilihan Kelas Lainnya

Kereta Api memang menjadi idola moda transportasi darat di Indonesia. Murah dan selalu tersedia menjadi daya tarik utama Kereta Api ini. Namun demikian, peminat moda transportasi ini tak hanya travelers yang berkantong cekak saja. 

Mulai Selasa (12/6/2018) PT KAI membagi subkelas pelayanannya menjadi 5. Berikut adalah penjelasan perbedaan fasilitas yang ada:

1. Ekonomi

Berbagi dengan 105 penumpang lainnya dalam satu gerbong, Kereta Ekonomi KAI dilengkapi dengan bangku yang tegak lurus, colokan listrik, dan tidak ketinggalan AC. Jumlah penumpang yang banyak mengharuskan PT KAI menyusun bangku dengan formasi 3-2 dalam satu barisan, dan bangku yang dilapisi busa yang agak tipis. 
Direktur Jenderal Perkeretaapian menyapa penumpang KA Brantas Lebaran, guna memastikan seluruh pemudik jasa layanan memperoleh layanan terbaik serta memastikan selamat sampai tujuan ~ twitter @perkeretaapian

2. Bisnis

Kereta Api Ranggajati
Kereta Bisnis memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit daripada Kereta Ekonomi. Satu gerbong kereta diisi 64 bangku saja, sehingga jarak kaki lebih lapang. Dengan Formasi tempat duduk 2-2, kereta bisnis memberikan kenyamanan yang lebih kepada penumpangnya. 
Baca Juga (New) Bandara Ahmad Yani Semarang, Keren Abis

3. Eksekutif

Susunan bangku kereta api Gajayana

Kereta eksekutif memiliki bangku yang lebih sedikit lagi, yaitu hanya 50 bangku tiap gerbongnya. Model bangku yang bisa di rebahkan dan memiliki jarak antar bangku yang luas menjadi layanan utamanya. Dilengkapi dengan bantal, selimut, televisi per kereta. 

4. Prioritas


Agustus 2017, PT KAI meluncurkan priority class train. Dengan fasilitas yang lebih mewah dari Kereta Eksekutif. Fasilitas di subkelas ini dapat dinikmati tiap bangku. Seperti Audio Video On Demand (AVOD) di setiap tempat duduk penumpang, lalu makanan ala carte. 

Desain kereta juga memiliki perbedaan yang mencolok dengan subkelas lainnya. Dominasi warna coklat dan emas menunjukkan eksklusif dan elegan. Satu kereta subkelas prioritas dapat memuat 28 penumpang. Kursinya menyerupai kursi pesawat dengan tumpuan kaki dan dapat direbahkan dengan tuas.

5. Sleeper


PT KAI semakin memanjakan penumpangnya dengan meluncurkan subkelas luxury, yaitu sleeper train. Perbedaan mencolok pada kelas ini adalah bangku yang memiliki partisi sehingga memberikan privasi bagi penumpangnya. Bangku yang dapat ditebahkan hingga 150 derajat dengan tombol otomatis sehingga penumpang dapat berbaring dengan nyaman layaknya ditempat tidur. 

Fasilitas televisi 12 inci dengan layar sentuh dan earphone, colokan listrik dan USB charger, juga dua kali makan selama perjalanan, minuman, dan kudapan. 


Jadi bagaimana japulers, bosen naik KA ekonomi? mau nyoba yang lain?

Related Posts