Geopark Ciletuh, Tempat Terbaik Melarikan Diri Dari Jakarta

shares

Geopark Ciletiuh, Tempat Terbaik Melarikan Diri Dari Jakarta

Geopark Ciletuh, Palabuhanratu, secara resmi menerima gelar sebagai UNESCO Global Geopark (UGG). Itu diatur pada pertemuan Dewan Eksekutif 204 UNESCO, Komisi Program dan Hubungan Eksternal, pada Kamis (12/4) di Paris, Prancis. "Proposal itu diterima tanpa perdebatan, yang artinya semua negara menyetujui kawasan Ciletuh, Palabuhanratu, sebagai UGG," kata General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh-Palabuhan Ratu, Dana Budiman dikutip dari Press Release, Senin (16/4/2018). . Pertimbangan UNESCO mengakui Ciletuh sebagai geopark dunia, bukan tanpa alasan. Sejak penilaiannya pada awal Agustus 2017, Ciletuh memiliki poin bagus dalam setiap kriteria standar geopark dunia.

Geopark Ciletuh juga dikelilingi oleh hamparan aluvial dengan bebatuan unik dan pemandangan yang indah. Di sisi lain, alih-alih hanaya berbukit yang dimilikinya, Ciletuh juga memiliki pantai dengan ombak yang disukai para peselancar dunia. Ombak bisa dinikmati di Cimaja Beach. Pantai ini sering dipilih sebagai lokasi kontes selancar internasional. Penilaian itu juga mencakup aspek budaya, di daerah 126.100 hektar Sunda masih sangat terasa. Geopark mencakup delapan distrik mulai dari Cisolok (Cimaja Beach) hingga Ujunggenteng (Ciemas), Sukabumi.

Tidak hanya dapat mempelajari adat dan budaya saja, di Geopark Ciletuh wisatawan juga dapat menikmati berbagai atraksi eksotis. Mulai dari keindahan air terjun Awang, Taman Kuno, bukit Panenjioan, dan banyak lainnya. Pemerintah daerah juga menyiapkan masyarakat, mulai dari pembangunan desa yang dibangun, pengembangan geo, pengembangan homestay, dan kebutuhan masyarakat lainnya. Namun, masih ada banyak pekerjaan rumah yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat setempat untuk membuatnya lebih baik, dan dikenal dunia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan ia yakin jika potensi itu akan membawa geopark ini diakui dunia, seperti Unesco Global Geopark (UGG). Menurutnya, tiga elemen utama geopark dunia telah dipenuhi oleh Ciletuh, dari geodiversity, biodiversity, dan culture diversity.

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment