Lebaran Tidak Mudik? Jangan Sedih, Lakukan Tips Ini Di Perantauan

shares

Yang Lain Mudik, Kok Aku Enggak

Ada beberapa alasan orang tidak bisa melaksanakan ritual hari raya idulfitri ini. Ada yang tidak mudik karena tugas negara, transportasi yang susah untuk pulang, tidak dapat tiket, pimpinan yang rese, atau mungkin sedang ada masalah finansial ya. 

Oke, apapun alasannya yang membuat kita tidak jadi mudik ke kampung halaman, toh kita tetap melaksanakan Lebaran. Jadi Japulers (jarangpulangers terlalu panjang), kita harus menyambut lebaran dengan gegap gempita dan riang gembira, seperti Ria Enes dan Susan. Lakukan tips dan trik berikut supaya lebaran di negeri orang tetap seperti lebaran di kampung halaman. 

Rayakan Bersama Kerabat di Perantauan

Jika Japulers tak bisa mudik, Japulers bisa merayakan Idul Fitri bersama kerabat terdekat yang senasib sepenanggungan alias sama-sama tidak pulang kampung. Japulers bisa sekaligus bersilaturahmi ke rumah tetangga, warung langganan tempat ngutang makan, teman, saudaranya teman, kakaknya teman, mantannya teman, gurunya teman, tukang parkir dekat warung langganan, pak polisi yang tidak ikut mudik, satpam bank yang juga tidak ikut mudik, pak ogah yang setia mengatur lalulintas, tukang bakso tikungan yang baksonya ngga begitu enak tapi mau gimana lagi yang jual makanan cuma dia, tukang rujak, juru parkir ATM yang rese, mbak-mbak minimarket, atau terserah mau kemana, asalkan salaman dan saling meminta maaf. Umumnya, orang yang merayakan Idul Fitri akan menyambut baik kedatangan orang lain yang juga merayakan Idul Fitri, kecuali Japulers dateng cuma buat ngehabisin opor ayamnya doang. 

Video Call

Japulers, sekarang sudah tahun 2018, emak dan bapak kita sudah sering bikin acara reuni dan buka bersama temen sekolah di masa lampau. Mulai dari bukber TK, SD, SMP, SMA, temen les, temen main gundu, temen main petak umpet, temen main di kali, temen kuliah, temen ekskul, temen cabut sekolah, temen rumah, pokoknya semua temen deh. Mereka berhasil menemukan benang merah masa lalu dengan menggunakan aplikasi ajaib yang bernama WHATSAPP. 

Yak, whatsapp merupakan aplikasi ajaib yang mampu menjadikan nomor handphone menjadi data akun pribadi dan langsung terhubung dengan orang lain yang menyimpan kontak kita di smartphone nya. Gunakanlah aplikasi ajaib ini untuk melakukan video call dengan keluarga di rumah. Setidaknya walaupun Japulers tidak pulang, tapi masih bisa setor muka lah. Fitur video call benar-benar membantu untuk mengurangi kadar rindu kepada sanak saudara di kampung halaman. 

Gunakanlah fitur ini untuk mengobati rindu kepada sanak keluarga, om, tante, kakek, nenek, buyut, ponakan yang lucu, ponakan yang bandel, temen SD, temen ngaji, dan semuanya, kecuali mantan pacar yang udah jadi istri orang ya, jangan, pokoknya jangan. 

Masak Makanan Kampung

Apasih yang Japulers rindukan selain keluarga di kampung kalau bukan makanan khas kampung halaman. Ya, segera deh masak masakan yang disajikan khas pas lebaran di kampung Japulers. 

Tentukan masakan apa yang ingin di maskan Japulers. Susun segera resepnya, tulis yang rapi dari bahan utama sampai bahan pendukung. Ngga tau resepnya? telpon orang tua di kampung, tanya resepnya apa saja. Ngga punya pulsa? Wong ada WA call, masa ngga punya paket data. Ngga tau bentuk bahannya? wong ada video call. Ngga di angkat? wong ada google search. 

Setelah itu, segera pergi ke pasar, dan kumpulkan bahan-bahannya. Kalau tidak ada, cari subtitusinya. Jika sudah, besok setelah sholat ied, ajak orang-orang sekitar yang tidak mudik untuk masak bersama Japulers. 


Bagaimana Japulers, tidak mudik-tidak masalah bukan?

Related Posts