Main Ke Jombang, Jangan Lupa Ke Makam Gus Dur

shares

Wisata Religi di Jombang

JarangPulang - "Jombang Kota Beriman", begitulah tagline dari kota ini. Jombang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur. Berada tepat di tengah-tengah provinsi Jawa Timur, Jombang menjadi kota yang menempati jalur strategis, yaitu jalur utama yang menghubungkan antara Jogjakarta dan Surabaya.

Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang, Jawa Timur, menjadi salah satu andalan wisata Kabupaten Jombang. Menjadi tempat peristirahatan terakhir Presiden ke-4 Republik Indonesia, KH Abdurrahman Wahid, Pondok Pesantren Tebuireng tak pernah sepi dari peziarah. Tercatat tak kurang dari 3.000 peziarah datang tiap harinya, dan 9.000 orang pada akhir pekan.

Peziarah tak hanya datang dari Jawa Timur saja, namun dari seluruh pelosok Indonesia. Mereka datang dengan rombongan bus atau mobil pribadi. Tidak ada jam-jam khusus kunjungan, para peziarah datang setiap saat, bahkan larut malam sampai dinihari. Pengurus pondok tetap mengizinkan peziarah untuk masuk ke dalam areal makam Gus Dur. Makam memang terbuka 24 jam, namun ditutup pada saat menjelang maghrib dan dibuka kembali setelah shalat isya. 
Baca Juga Air Terjun Tretes, Pancuran Dari Kahyangan

Di Pesantren Tebuireng tak hanya ada makam Gus Dur sajam melainkan juga ada makam KH Hasyim Asyari, pendiri organisasi islam Nahdlatul Ulama, serta ayahanda Gus Dur, KH Wahid Hasyim dan sejumlah keluarga juga dimakamkan di lokasi tersebut.

Selain ziarah, traveler juga bisa ikut pengajian umum yang sering diselenggarakan oleh Pondok, Biasanya pengajian diselenggarakan dihari-hari khusus seperti Pengajian Tahun Baru Islam

Jadi travelers, engga cuma main-main aja ya, kadang perjalanan kita harus disisipi dengan perjalanan religi. Jadi, kapan main ke Jombang?

Related Posts