Treking di Rammang-Rammang, Kabupaten Maros

shares

Treking di Rammang-Rammang, Kabupaten Maros

Menikmati keindahan alam Sulawesi Selatan tak lepas dari keindahan Perbukitan Karst, Rammang-Rammang di Kabupaten Maros. 40km lepas arah utara Makassar, objek wisata ini terhitung mudah dijangkau. 

Rammang yang berarti kabut dalam bahasal lokal, merupakan gugusan gunung kapur terbesar kedua di dunia setelah pegunungan kapur yang ada di Shilin, Tiongkok.
Begitu kita menjejakkan kaki di Rammang-Rammang, kita akan disuguhi pemandangan taman hutan batu. Ibarat di Jakarta kita dikelilingi gedung beton bertingkat, disini Japulers akan dikelilingi bukit-bukit karst yang menjulang tinggi. 
Dengan ratusan batuan kapur pekat hitam dan abu-abu dengan berbagai bentuk dan ukuran, disekitar perbukitan batu terdapat hamparan sawah penduduk dan di belakangnya terdapat sebuah sungai yaitu Sungai Pute. Hutan dan pepohonan lontar di sekitarnya menambah eksotis taman hutan batu di Maros ini. 
Bebatuan katst menjadi latar belakang yang kontras dengan sawah-sawah yang luas, genangan sisa rawa, dan kolam-kolam berhias tumbuhan teratai. Di sekitar Salo Pute, sungai putih, batuan yang terkikis oleh air menjadikannya ukiran-ukiran alam yang unik dan indah. 

Saat Japulers melewati rimbunan pohon, tak jarang hewan endemik asli tempat tersebut seperti burung, kera tak berekor, ayam hutan bahkan ular akan menyambut kedatangan kita.

Perpaduan antara batuan karts yang keabuan, hijaunya sawah warga, rumah-rumah panggung diatas genangan air, menjadikan perpaduan pemandangan yang sangat indah di Maros Rammang-Rammang.

Related Posts